SEPATAL APA SALAHKU

 


Oleh: Wawan AD
(Penulis mengabdikan diri di SDN 2 Cibinong Jatiluhur Purwakarta)
 

Aku tak menginginkan hal ini terjadi, jalinan komunikasi terhambat oleh signal keegoan, selain jarak dan waktu jaringan juga terganggu dugaan-dugaan tak berdasar, tower ruksak karena hal setitik yang tak seberapa akibat salah dalam menafsir tentang kondisi yang ada, “mengapa hal ini terjadi”?, tanyanya”, “aku juga tak tahu”, jawabku sambil menatap kearahnya.

“Apa yang telah kamu lakukan An”, tanya Riska padaku, “Aku hanya menggelengkan kepala”, tanda tak tahu, “ah masa”, desaknya, “iya teh suerrr”, jawabku penuh yakin sambil mengangkat kedua jari, “kalau dia semarah itu berarti ada sesuatu An” lanjutnya, “entah aku tak paham”, Andini menegaskan.

Dalam kehidupan selalu saja menghadirkan dua sisi yang beda dan berlawanan, “ini merupakan sunatulloh”, lanjutku, karena kita tidak bisa menolaknya, ada hal fositif tentu ada lawannya negative, ada bulan ada matahari, ada langit ada bumi, ada musim hujan ada musim kemarau, pun demikian ketika ada kesetiaan akan ada para pendusta disebrangnya dan itu semua tidak bisa di hindari.

“Aku selalu berusaha maksimal menjadi penjaga dari setiap janji yang terucap, walau janji itu tak pernah tertulis secara resmi, tetapi akan selalu ku jaga apapun keadaannya, kata setia seolah menjadi pematik bagi diriku, bukan hanya pemanis bibir semata, tetapi menyeluruh tercermin dalam sikap dan perbuatan, maka ikatan hubungan akan erat kaitannya dengan kesetiaan, ketika sudah tidak ada lagi kesetiaan dan kepercayaan maka ikatan dengan sendirinya akan game over”. Pungkasku pada Riska.

“Orang baru memang menarik, tapi ingatlah, dia belum tentu terbaik”, kehadiran orang ke 3 benar-benar menjadi Tsunami yang melanda ikatan hubungan diriku dengan mas Hakim, padahal sekuat tenaga aku telah berusaha maksimal menjaga itu agar tetap lestari namun apa hendak dikata, ada saja hal diluar nalar ikut mencampuri urusan dan memperkeruh suasana, hingga menjadikan hubunganku retak, dihadapkan pada situasi itu, aku sedikit kalut dan terguncang.

@@@

Jiwaku sedikit tertekan, karena aku dituduh mas Hakim bermain dibelakangnya, padahal sama sekali tidak pernah aku lakukan dan itu tidak terbukti, aku tetap setia. Justru mas Hakim sendiri yang curangi aku, fakta itu diputar balikan menjadikan posisiku semakin terpojok, luka itu sampai sekarang masih saja menganga dan terasa pedih.

 Bagiku rasanya dunia ini seakan kiamat, ketika hubungan dengan manusia tidak baik-baik saja, lalu menyibukan diri agar mampu menetralkan segala yang terjadi.

Apakah ini sifat dasar manusia?

Namun ketika  hubungan dengan sang pencipta tidak mesra, tidak mampu menjalankan segala titah-Nya, seakan tidak panik, tidak risau, tidak pernah jadi beban, seolah bukan masalah besar.  Difitnah, diacuhkan dari persahabatan, bahkan diusir dari rumah, masih saja bisa mencari teman dan rumah yang lain, coba kalau bermasalah dan diusir oleh pemilik semesta ini hendak kemana kita pergi?

Masalah melanda pada intinya untuk terus memantaskan diri agar tumbuh dan berkembang menuju ke arah yang lebih baik, penempaan melalui berbagai macam masalah adalah ujian alam yang tidak bisa dihindari, karena mungkin bisa saja akan dijadikan manusia pilihan. Tapi manusia jarang tersadarkan akan hal itu, termasuk diriku.

@@@

 

“Ya sudah kalau itu inginmu”, timpalku dengan nada agak serius, Hakim  hanya diam membisu tak bergerak kaku mematung tepat didepanku.

“Maafkan aku mas”, ucapku lirih,

“Aku tak akan larutkan diriku dalam hal apapun”, lanjutku.

Sekalipun dirimu memohon, aku tak mungkin bisa melakukannya lagi, cukup sampai disini dan cukup aku yang mengalami. Jangan sampai hal ini terjadi dan melanda yang lain, karena belum tentu mereka mampu memahami serta mau memaafkan. Bagiku ini adalah pelajaran yang berarti, walau pahit. Hakim hanya menatapku.

Maafkan aku mas bila masuk terlalu jauh dalam hidupmu, aku tak berniat apa-apa

dari yang aku lakukan, aku hanya ingin melihatmu bahagia tersenyum, hanya itu tidak lebih, memudahkan dan memberikan kabar baik padamu, karena sebelumnya juga aku lakukan demikian, tak masalah dan tak dipermasalahkan.

 

@@@

 

Kalau selama ini ada asumsi dan penilian lain soal diriku, silahkan itu hak kamu mas, aku tak mungkin melarangmu dan memberikan pembenaran serta penjelasan bahwa aku ini orang baik tanpa cela, sangat tidak mungkin aku lakukan dan aku sadari bahwa aku tidak sesempurna Khadijah al-kubro, sesuci Aisyah ar-ridho, dan sebaik Fatimah Az-zahra, justru aku hanya manusia biasa yang banyak kekurangan dan khilapnya dan masih jauh dari kata sempurna.

 Lantas sepatal apa kesalahan yang pernah aku lakukan, hingga dirimu begitu muak Mas, serendah apakah sikap dan sebrutal apa bahasa yang aku gunakan, hingga dirimu begitu membenciku dalam sisa hidupmu itu. 

 Kalau hari ini dirimu begitu susah untuk memaafkan, yang dirimu anggap sebagai  kesalahan dan kekhilapanku atau yang lain, ingatlah mas bahwa suatu hari dirimu juga pernah dimaafkan orang lain, terlepas besar dan kecil kesalahamu itu, namun orang begitu tulus memaafkanmu, apakah dirimu masih mengingat soal itu mas…?


Komentar

Postingan populer dari blog ini

HATIKU MASIH UNTUKMU

KETUA PC GP ANSOR KABUPATEN PURWAKARTA BAGIKAN SERAGAM

HERA, MAAFKAN AKU